Virtual LAN (VLAN)




VLAN adalah Virtual LAN yaitu sebuah jaringan LAN yang secara Virtual dibuat di sebuah Switch. VLAN berfungsi untuk membagi atau memisahkan Network agar lebih efisien. Misalkan kita ingin membuat VLAN untuk Guru dan Siswa, setelah dibuatnya VLAN maka Komputer Guru dan Siswa tidak bisa terhubung karena beda VLAN. Untuk topologinya sebagai berikut :

Pada topologi diatas PC yang berada di VLAN 10 tidak akan bisa terhubung ke PC yang berada di VLAN 20. Jadi VLAN 10 atau VLAN 20 dia hanya bisa terhubung ke sesama VLAN nya  aja. Untuk penjelasan Konfigurasinya ada di bawah ini:



Pertama” kita harus memasuki mode Configure terminal dahulu. Nah untuk membuat VLAN hanya perlu mengetik “ VLAN (berapa) “ setelah itu jika ingin memberi nama untuk VLAN tersebut ketik “ name (namanya) “. Nah setelah itu barulah kita memasukkan Interface ke VLAN yang ingin di tuju. Setelah kita telah memasukkan semua Interface ke VLAN nya. Untuk memverifikasi nya kita bisa mengetik “do show vlan brief atau show vlan brief” Setelah kita telah mengkonfigurasikan semua konfigurasi yang ada di switch, barulah kita memasukkan IP Address di setiap Komputernya. Kita memasukkan IP Address di setiap VLAN nya, dengan IP Address yang berbeda Network. Cara memasukkan IP Address nya, klik PC masuk ke bagian Dekstop, setelah itu klik IP Configuration.


Setelah kita memasukkan IP Address di setiap PC nya. Lakukanlah Ping ke sesama PC VLAN. Dengan cara masuk ke PC – Desktop – Command Prompt Setelah itu ketik “PING (IP Address sesama VLAN)” jika “Reply” maka Berhasil.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.