EIGRP (Enhanced Interior Gateaway Protocol)

Di Dynamic Routing terdapat beberapa Protocol salah satunya yaitu EIGRP (Enhanced Interior Gateaway Protocol). Protocol ini berjalan berdasarkan sistem Distance Vector. Administrative Distance untuk Protocol ini yaitu 90. Routing EIGRP hanya ada di merek Cisco (Cisco Proprietary) jadi di Vendor lain tidak akan bisa menggunakan Routing EIGRP. Untuk Topologinya sebagai berikut. 


Sebelum kita mengkonfigurasikan protocol EIGRP di Router tersebut, kita perlu menambahkan IP Address di setiap Router tersebut. Dan jangan lupa menambahkan IP Address & Gateaway di setiap PCnya tersebut. Untuk konfigurasinya ada di halaman berikutnya. Kelebihan dari EIGRP :   
  • Mudah dikonfigurasi seperti RIP.  
  • Memerlukan lebih sedikit Memori dan Proses.   
  • Melakukan konvergensi secara tepat untuk menghindari loop. 
Kekurangan dari EIGRP : Hanya untuk Router Cisco (Cisco Proprietary) 





Penjelasan Konfigurasi :  
Router EIGRP 10 untuk mengaktifkan Protocol Routing EIGRP
Network 10.10.10.0, 30.30.30.0, dll untuk mengenalkan Network yang terhubung di Router kita ke Tabel Routing nya. Apa itu Wildcard bits ? Nah jadi di Protokol Dynamic Routing, saat kita ingin mengenalkan/mengadvertise Network biasanya menggunakan Subnetmask. Tetapi di beberapa Protokol Dynamic Routing, ada yang menggunakan sistem Wildcard bits. Secara singkat pengertian Wildcard bits ini ialah kebalikan dari Subnetmask tersebut. Bagaimana cara menghitung Wildcard bits ? Cara menghitungnya yaitu dengan mengurangkan Subnet mask 255.255.255.255 dengan Subnetmask yang ingin kita jadikan Wildcard bits.
No auto-summary agar saat kita melakukan verifikasi tidak di ringkas. Untuk verifikasi bisa mengetik perintah “ do show ip route EIGRP “  

 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.