Default Route

Apa itu Default Route ? Nah Default Route ini ialah Static Route yang menggunakan Destination 0.0.0.0 dan Subnetmask 0.0.0.0. Biasanya Default Route ini digunakan untuk melakukan Routing ke IP Address yang banyak dan tidak mungkin untuk dimasukan satu per satu. Default Route juga bisa digunakan ketika kita ingin melakukan Routing ke IP Address yang tidak diketahui seperti Internet. Untuk konfigurasi Default Route hampir sama seperti Static Route,Mau kemana lewat mana ?  

Konfigurasi Default Route.  
Router(config)#ip route 0.0.0.0 0.0.0.0 12.12.12.2

Karena kita ingin me Routing ke IP Address yang sangat banyak atau IP Address Internet yang tidak diketahui. Maka IP Address & Subnetmask yang ingin kita tuju ialah 0.0.0.0 & 0.0.0.0 Jadi angka 0 ini dia mewakili semua IP Address atau Network yang ada di Router tersebut. Nah ada Kelebihan dan Kekurangan di Default Route ini. Kelebihannya ialah kita mengkonfigurasikannya dengan sangat mudah, Kita hanya cukup memasukkan 1 perintah dan semua IP Address di Router tersebut bisa kita Route. Kekurangannya yaitu ketika kita melakukan Default Route, otomatis semua IP Address di Router tersebut di Route. Padahal terdapat Routing yang tidak kita perlukan sehingga menyebabkan Router kita menjadi lebih lelet.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.